ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA SISTEM INFORMASI PBF ALAT KESEHATAN DI PT PENTA VALENT SEMARANG DENGAN METODE END USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS)

Authors

  • Aulia Wahyu Agustya Prodi D-III Farmasi, Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi Nusaputera, Semarang Author
  • Sri Suwarni Prodi S1 Farmasi, Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi Nusaputera, Semarang Author
  • Ratna Wulandari Prodi D-III Farmasi, Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi Nusaputera, Semarang Author
  • Eleonora Maryeta Toyo Prodi D-III Farmasi, Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi Nusaputera, Semarang Author
  • David Laksamana Caesar Prodi S1 Kesehatan Masyarakat, Institut Teknologi Kesehatan Cendekia Utama, Kudus Author
  • Ifany Chairunissa PT. Penta Valent Cabang Semarang Author

DOI:

https://doi.org/10.64094/mrb3ns34

Keywords:

Alat Kesehatan, PBF, Sistem Informasi, EUCS

Abstract

Alat kesehatan termasuk dalam kategori perbekalan farmasi yang berbentuk instrumen dan tidak mengandung zat aktif obat. Proses distribusinya diawasi oleh pemerintah, termasuk pengendalian mutu, guna memastikan bahwa produk yang beredar selalu sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Salah satu sarana yang mendukung proses distribusi tersebut adalah sistem komputerisasi, sebagaimana diatur dalam pedoman Cara Distribusi Obat yang Baik (CDOB). Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kepuasan pengguna serta menilai efektivitas Sistem Informasi PBF Alat Kesehatan di PT. Penta Valent Semarang dengan menggunakan pendekatan End User Computing Satisfaction (EUCS). Penelitian ini menggunakan desain observasional deskriptif kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 17 responden yang merupakan pengguna Sistem Informasi PBF Alat Kesehatan. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner, yang disusun berdasarkan lima dimensi utama dalam metode EUCS dan telah diuji validitas serta reliabilitasnya. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif untuk menilai aspek isi (content), keakuratan (accuracy), tampilan (format), ketepatan waktu (timeliness), dan kemudahan penggunaan (ease of use) dari sistem informasi yang digunakan di PT. Penta Valent Semarang. Tingkat kepuasan pengguna terhadap sistem informasi menunjukkan hasil sebagai berikut: dimensi isi sebesar 76,86%, dimensi keakuratan 77,25%, tampilan 76,47%, kemudahan penggunaan 75,68%, dan ketepatan waktu 77,64%. Rata-rata keseluruhan tingkat kepuasan pengguna adalah sebesar 76,78%, yang termasuk dalam kategori puas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adira, R., 2023. Evaluasi Sistem Penyimpanan Alat Kesehatan Di Salah Satu Pedagang Besar Farmasi (PBF) Di Kota Bandung. J. Farm. Medicapharmacy Med. J. PMJ 6, 22–27. https://doi.org/10.35799/pmj.v6i1.47286

Anathasia, S.E., Mulyanti, D., 2023. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Peningkatan Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Rumah Sakit: Tinjauan Teoritis. J. Ilm. Kedokt. http://dx.doi.org/10.55606/klinik.v2i2.1289

Fahreza, N.Z., 2024. Evaluasi Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit Menggunakan Metode EUCS Di RSUD RT Notopuro Sidoarjo.

Presiden RI, 2023a. Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2023 Tentang Kesehatan [WWW Document]. URL (Accessed 10.17.24).

Presiden RI, 2023b. Peraturan Mentri Kesehatan Nomor 15 Tahun 2023 Tentang Pemeliharaan Alat Kesehatan Di Fasilitas Pelayanan Kesehatan.

Presiden RI, 2014. Permenkes Nomor 4 Tahun 2014 “Cara Distribusi Alat Kesehatan Yang Baik” [WWW Document].

Presiden RI, 2011. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 1148/Menkes/Per/Vi/2011 Tentang Pedagang Besar Farmas.

Putri, V.D., Affandi, M.I., Nikmatullah, D., 2020. Analisis Kepuasan Konsumen Dan Bauran Pemasaran Pada Agroindustri Kopi Bubuk Cap Jempol Di Kota Bandar Lampung. J. Ilmu Ilmu Agribisnis J. Agribus. Sci. 8, 132–136. https://doi.org/10.23960/jiia.v8i1.4346

Ratnasari, A.D., Amiliya, S., 2024. Optimalisasi Keuangan Perusahaan Melalui Sistem Manajemen Keuangan: Tinjauan Literatur. J. Ekon. Dan Bisnis Digit. 2, 8–15. https://jurnal.ittc.web.id/index.php/jebd/article/view/1189

Riskadewi, E.S., 2014. Penerimaan Sistem Informasi Akademik Universitas Airlangga Cyber Campus (UACC) Pada Dosen Fisip Universitas Airlangga. J Univ Airlangga 3, 150–171. https://journal.unair.ac.id/LN@penerimaan-sistem-informasi-akademik-universitas-airlangga-cyber-campus-(uacc)--pada-dosen-fisip-universitas-airlangga--article-7609-media-136-category-8.html

Saputra, P.A., Nugroho, A., 2017. Perancangan Dan Implementasi Survei Kepuasan Pengunjung Berbasis Web Di Perpustakaan Daerah Kota Salatiga. JUTI J. Ilm. Teknol. Inf. 15, 63–71.Siregar, Y.D., 2021. Evaluasi Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit Menggunakan Metode Eucs Di Rsud Doloksanggul Tahun 2020. J. Healthc. Technol. Med. 7, 581–593. https://doi.org/10.12962/j24068535.v15i1.a636

Suranta, T., 2025. Penerapan Metode Eucs Untuk Mengukur Kepuasan Pengguna SIMRS Di RSPAD Gatot Soebroto. Mutiara Multidiciplinary Sci. J. 3, 192–201. https://doi.org/10.57185/mutiara.v3i2.334

Suwarni, S., Atmodjo, T.G., Setyaningrum, P., Al Farizi, G.R., 2023. Sistem Informasi Fitofarmaka (Sifita) Berbasis Web Sebagai Sumber Informasi Apoteker. J. Kesehat. http://dx.doi.org/10.31004/jkt.v4i4.18450

Taherdoost, H., 2023. Smart Contracts In Blockchain Technology: A Critical Review. Information 14, 117. https://doi.org/10.3390/info14020117

Wani, N., Safitri, A., 2019. Pengaruh Penggunaan Informasi Akuntansi Terhadap Keberhasilan Usaha Kecil Menengah (Studi Pada Sentra Dodol Di Kec. Tanjung Pura). Liabilities J. Pendidik. Akunt. 2, 37–52. https://doi.org/10.30596/liabilities.v2i1.3332

WHO, 2022. Kesehatan Dan Kesejahteraan [WWW Document]. URL (Accessed 10.17.24).

Wijaya, I.G.N.S., Suwastika, I.W.K., 2017. Analisis Kepuasan Pengguna Elearning Menggunakan Metode End-User Computing Satisfaction. E-Proc. KNSI STIKOM Bali 558–562. https://knsi.stikom-bali.ac.id/index.php/eproceedings/article/view/102

Yudistira, A., Novita, D., 2022. Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Arsip Digital Menggunakan Model End User Computing Satisfaction (EUCS). J. Teknol. Sist. Inf. 3, 176–188. https://doi.org/10.35957/jtsi.v3i2.3059

Yulistiana, E., 2008. Korelasi Persepsi Siswa Tentang Dunia Wirausaha Dan Motivasi Belajar Di SMKN 01 Pekalongan Jurusan Kecantikan (Studi Kasus Pada Siswa Kelas 1 Di SMKN 01 Pekalongan) (Phd Thesis). STAIN PEKALONGAN.

Zamzam, N., Anwar, S.M., 2025. Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Keseimbangan Kehidupan Kerja Dan Pengembangan Karir Terhadap Kinerja Pegawai Di Kantor Pertanahan Kota Palopo. J. Perspekt. Manaj. Dan Keuang. 6.

Downloads

Published

26-08-2025

How to Cite

ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA SISTEM INFORMASI PBF ALAT KESEHATAN DI PT PENTA VALENT SEMARANG DENGAN METODE END USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS). (2025). Indonesian Journal of Health Research Innovation, 2(3), 86-96. https://doi.org/10.64094/mrb3ns34