KEPUASAN PASIEN BPJS KESEHATAN DI RS. CIKARANG MEDIKA BERDASARKAN MUTU PELAYANAN DAN CITRA
DOI:
https://doi.org/10.64094/k682hx45Keywords:
BPJS kesehatan, citra, kepuasan pasien, mutu pelayanan kesehatanAbstract
Kepuasan pasien merupakan momen dimana kenyataan melebihi harapan pasien. Adanya peningkatan kunjungan berdampak kepada waktu tunggu pasien, hal tersebut dapat menjadi pengalaman yang kurang menyenangkan bagi pasien. Tujuan penelitan ini mengetahui kepuasan pasien BPJS Kesehatan berdasarkan mutu pelayanan dan citra. Jenis penelitian ini adalah penelitian survei analitik (non eksperimental) dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini pasien BPJS Kesehatan di instalasi rawat jalan RS. Cikarang Medika dengan jumlah yang tidak diketahui, dan diperoleh sampel 68 responden berdasarkan rumus lemeshow. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data yang dilakukan adalah analisis univariat dan bivariat dengan menggunakan uji statistik chi-square. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa mutu pelayanan kesehatan berhubungan dengan kepuasan pasien dengan nilai p value 0,000 < α 0,1 dan citra berhubungan dengan kepuasan pasien dengan nilai p value 0,000 < α 0,1. Hasil menunjukkan dari 68 responden (100%), 51 responden menyatakan sudah puas (75,0%), sedangkan 17 responden menyatakan masih tidak puas (25,0%) atas pelayanan kesehatan yang diberikan oleh RS. Cikarang Medika.
Downloads
References
Alim, A., Tangdilambi, N., & Badwi, A. (2019). Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan di RSUD Makassar. Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan RS. Dr. Soetomo, 5(2), 165. https://doi.org/10.29241/jmk.v5i2.164
Arianto, N. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pasien (Studi Kasus Pada Pasien Rawat Jalan Rumah Sakit Premier Bintaro). Jurnal Organisasi Dan Manajemen, 13(1), 1–9. https://doi.org/10.33830/jom.v13i1.13.2017
Dinas Kesehatan Kab. Bekasi. (2021). Profil Kesehatan Kabupaten Bekasi Tahun 2020.
Dinas Kesehatan Kab. Bekasi. (2022). Profil Kesehatan Kabupaten Bekasi Tahun 2021.
Gultom, R. J., Nababan, D., Sipayung, R., Hakim, L., & Tarigan, F. L. (2021). Hubungan Kualitas Pelayanan Rawat Jalan dengan Kepuasan Pasien BPJS di Rumah Sakit Bhayangkara TK III Tebing Tinggi. Journal of Healthcare Technology and Medicine, 7(2), 1281–1298.
Maarif, I., Haeruddin, H., & Sumiati. (2023). Hubungan Kualitas Layanan Dengan Kepuasan Pasien. Journal of Muslim Community Health, 4(2), 79–88. http://pasca-umi.ac.id/index.php/jmch/article/view/1206
Maryana, M. (2019). Persepsi Klien BPJS Tentang Caring Perawat di Sebuah Rumah Sakit. Jurnal Ilmu Kesehatan Bhakti Husada: Health Sciences Journal, 10(1), 1–10. https://doi.org/10.34305/jikbh.v10i1.77
Nursalam. (2016). Manajemen Keperawatan: Aplikasi dalam Praktikum Keperawatan Profesional (P. P. Lestari (ed.); Edisi 6). Jakarta: Salemba Medika.
Panggon. (2017). Rumah Sakit: Rumah Sakit Umum Cikarang Medika. https://www.panggon.com/jawa-barat/rs-cikarang-medika/
Prakoso, A. D. (2023). Analisis perbedaan kualitas pelayanan pada pasien BPJS dan umum di Rumah Sakit “X” Kabupaten Bekasi. Journal of Nursing Practice and Education, 4(1), 85–95. https://doi.org/10.34305/jnpe.v4i1.857
Ratnaningtyas, I. R. A. (2022). Hubungan Mutu Pelayanan dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Pengguna BPJS Kesehatan di Puskesmas Maja. Edu Dharma Journal: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 6(2), 170. https://doi.org/10.52031/edj.v6i2.426
Rodiah, S. (2022). Hubungan Kualitas Layanan Dan Citra Rumah Sakit Terhadap Kepuasan Pasien BPJS Rawat Jalan RSUD Budhi Asih Tahun 2022. Dohara Publisher Open Acess Journal, 02(05), 672–681.
Saputra, A., & Ariani, N. (2019). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Pengguna Kartu BPJS di Rumah Sakit Daerah Idaman Kota Banjarbaru. Borneo Nursing Journal, 1(1), 48–60. https://akperyarsismd.e-journal.id/BNJ/article/view/1
Setianingsih, T. (2019). Analisis Penerapan Model EFQM dalam Menilai Manajemen Mutu Puskesmas di 8 Propinsi di Indonesia. Jurnal Ilmiah Kesehatan Institut Medika Drg. Suherman (JIKMDS), 1(1). https://jurnal.medikasuherman.ac.id/imds/index.php/JIKMDS/article/view/82
Sriyanti, C. (2016). Mutu Layanan Kebidanan & Kebijakan Kesehatan. In Modul Bahan Ajar Cetak Kebidanan (Cetakan 1). BPPSDMK Kementerian Kesehatan RI. http://bppsdmk.kemkes.go.id/pusdiksdmk/wp-content/uploads/2017/08/Mutu-dan-Kebijakan-Layanan-Kesehatan-Komprehensif.pdf
Vanchapo, A. R. (2022). Mutu Pelayanan Kesehatan dan Kepuasan Pasien (T. Mahyuvi (ed.); Cetakan 1). Tata Mutiara Hidup Indonesia.
VNN Indonesia. (2021). Dugaan Kelalaian Tangani Pasien di RS Cikarang Medika, Netizen Sampai Bilang “Kapok.” Media Online & Cetak VERSI NASIONAL NEWS. https://www.vnn.co.id/2021/04/dugaan-kelalaian-tangani-pasien-di-rs.html
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Indonesian Journal of Health Research Innovation

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mempublikasikan di jurnal kami menyetujui ketentuan berikut:
Penulis memegang hak cipta dan memberikan Jurnal Kami hak publikasi pertama dengan karya tersebut secara bersamaan dilisensikan di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International yang memungkinkan orang lain untuk membuat perubahan, mengadaptasi, dan mengembangkan karya tersebut dengan pengakuan atas karya penulis dan publikasi awal di Jurnal. Penulis diizinkan untuk menyalin dan mendistribusikan kembali versi karya yang diterbitkan jurnal (misalnya, mempostingnya ke repositori institusi atau menerbitkannya dalam buku), dengan pengakuan publikasi di jurnal kami.