ANALISIS FASILITAS DAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN TERHADAP MINAT KUNJUNGAN ULANG PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT
DOI:
https://doi.org/10.64094/prntd516Keywords:
fasilitas pelayanan, kualitas pelayanan, minat kunjungan ulangAbstract
Fasilitas dan kualitas pelayanan merupakan faktor utama yang memengaruhi keputusan pasien dalam memilih layanan kesehatan. Kekurangan fasilitas maupun pelayanan yang kurang memuaskan dapat menurunkan loyalitas dan minat kunjungan ulang pasien. Beberapa penelitian sebelumnya menunjukkan hasil yang bervariasi, namun belum banyak yang menjelaskan faktor mana yang lebih dominan memengaruhi minat kunjungan ulang pasien rawat inap di rumah sakit Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain analitik observasional dan pendekatan cross-sectional. Penelitian dilakukan di Ruang Kawung RSUD Ibu Fatmawati Soekarno Kota Surakarta pada 24 Oktober–24 November 2024. Sebanyak 69 responden dipilih dengan teknik consecutive sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner terstruktur dan dianalisis dengan uji Chi-Square serta regresi logistik berganda dengan tingkat kepercayaan 95%. Fasilitas berhubungan signifikan dengan minat kunjungan ulang (OR = 6,691; CI 95%: 1,895–23,627; p = 0,002), demikian pula kualitas pelayanan (OR = 6,111; CI 95%: 1,867–19,999; p = 0,002). Hasil analisis multivariat menunjukkan fasilitas (B = 2,141) memiliki hubungan yang sedikit lebih kuat dibandingkan kualitas pelayanan (B = 2,060). Fasilitas dan kualitas pelayanan terbukti memengaruhi minat pasien untuk melakukan kunjungan ulang. Fasilitas yang baik meningkatkan kenyamanan dan kepercayaan, sedangkan kualitas pelayanan yang baik meningkatkan kepuasan dan loyalitas pasien. Fasilitas menunjukkan pengaruh yang lebih dominan, sehingga rumah sakit perlu memprioritaskan peningkatan sarana fisik disertai dengan pelayanan yang berkualitas. Fasilitas dan kualitas pelayanan berhubungan signifikan terhadap minat kunjungan ulang pasien, dengan fasilitas memiliki pengaruh yang lebih dominan.
Downloads
References
Alretha, A., & Damayanti, V. A. R. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Kunjungan Ulang Pada Pasien Poliklinik Jantung Rumah Sakit Islam Sakinah Mojokerto. BEMAS: Jurnal Bermasyarakat, 4(2), 333–341. https://doi.org/10.37373/bemas.v4i2.838
Alvia Amri, Z., Indrawati, L., Sulistyowati, Y., & Susanti, R. (2024). Hubungan Persepsi Pasien Terkait Kualitas Pelayanan Dengan Minat Kunjungan Ulang di Rawat Jalan RSUP Persahabatan Tahun 2023. Jurnal Manajemen Dan Administrasi Rumah Sakit Indonesia (MARSI), 8(1), 33–43. https://doi.org/10.52643/marsi.v8i1.4068
Aryono, A. C., Adyas, A., Djamil, A., Pramudho, P. K., & Kayrus, A. (2022). Hubungan Kualitas Pelayanan Terhadap Kunjungan Ulang Pasien di Polikliik Gigi dan Mulut Rumah Sakit Puri Husadatama Kabupaten Mesuji. MANUJU: Malahayati Nursing Jurnal, 4(12 Desember 2022), 3178–3192. https://ejurnalmalahayati.ac.id/index.php/manuju/article/view/7410
August, F., Nyamhanga, T. M., Kakoko, D. C. V., Sirili, N. S., & Frumence, G. M. (2023). Facilitators for and Barriers to the Implementation of Performance Accountability Mechanisms for Quality Improvement in the Delivery of Maternal Health Services in a District Hospital in Pwani Region, Tanzania. International Journal of Environmental Research and Public Health, 20(14). https://doi.org/10.3390/ijerph20146366
Djuwa, S. . A., Sinaga, M., & Dodo, D. O. (2020). Hubungan Persepsi Tentang Mutu Pelayanan Kesrhatan Dengan Minat Kunjungan Ulang Rawat Jalan di Puskesmas Bakunase Kecamatan Kota Raja. Media Kesehatan Masyarakat, 2(2), 24–32. https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/MKM/article/view/2850
Fitriana, I., Aril Ahri, R., & Muchlis, N. (2022). Pengaruh Kompetensi, Motivasi dan Kualitas Pelayanan Kesehatan terhadap Minat Kembali Pasien di RSUD Labuang Baji Makassar. Journal of Muslim Community Health (JMCH), 3(3), 29–37. https://doi.org/10.52103/jmch.v3i3.983JournalHomepage:https://pasca-umi.ac.id/index.php/jmch/about
Ginting, T., Chairul, M., Pane, P. Y., Sudarsono, Renaldi, M. R., & Lubis, F. H. (2021). Mutu Pelayanan dan Minat Kunjungan Ulan Pasien Rawat Jalan di Rmah Sakit X. Medika Prima Sains, 3(2), 60–67. https://doi.org/10.34012/jpms.v3i2.2031
Kim, J. H., Bell, G. A., Bitton, A., Desai, E. V., Hirschhorn, L. R., Makumbi, F., Nabiwemba, E., Ratcliffe, H. L., Wabwire-Mangen, F., Kibira, S. P. S., & Schwarz, D. (2022). Health facility management and primary health care performance in Uganda. BMC Health Services Research, 22(1), 1–11. https://doi.org/10.1186/s12913-022-07674-3
Marzuq, N. H., & Andriani, H. (2022). Hubungan Service Quality terhadap Kepuasan Pasien di Fasilitas Pelayanan Kesehatan : Literatur Review. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 13995–14008.
Muchtar, M., Wahyudi, Y. T., & Kusdinar, K. (2020). Analisis Kualitas Pelayanan Kesehatan di Unit Pelaksana Teknis Pusat Kesehatan Masyarakat Tarogong Kabupaten Garut. Jurnal Pembangunan Dan Kebijakan Publik, 11(1), 17–24. https://doi.org/10.36624/jpkp.v11i1.70
Musdalifah, Hamzah, W., & Idris, F. P. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien dan Implikasinya pada Minat Kunjungan Ulang Poliklinik Gigi RSUP Dr. Tadjuddin Chalid Makassar. Journal Of Aafiyah Health Research, 5(1), 164–171. https://doi.org/10.52103/jahr.v5i1.1681
Mutiara, I. A., Gusti, E., & Yusmanisari, E. (2022). Hubungan Kualitas Pelayanan Rawat Inap dengan Minat Pemanfaatan Ulang Pelayanan di Puskesmas Kabupaten Pasuruan. Jurnal Informasi Kesehatan Indonesia, 8(1), 40–49. https://doi.org/10.31290/jiki.v8i1.3232
Petragallo, S., Timoner, P., Hierink, F., Fuhrer, C., Toure, O., Iknane, A., Coulibaly, Y., Fall, I. S., & Ray, N. (2024). Assessing the accuracy of health facility typology in representing the availability of health services: a case study in Mali. BMJ Open, 14(3), 1–6. https://doi.org/10.1136/bmjopen-2023-077127
Rahmiati, & Tamesvari, N. A. (2020). Hubungan Dimensi Kualitas Pelayanan Dengan Minat Kunjunga Ulang Pasien Rawat Inap Di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Kabupaten Tangerang Tahun 2019. 13(1), 13–21. https://doi.org/10.31290/jiki.v8i1.3232
Rohani, S., Rahma, T. I. F., & Yanti, N. (2023). Pengaruh Fasilitas dan Pelayanan terhadap Minat Peserta BPJS Kesehatan Menggunakan Faskes Lanjutan di Rumah Sakit Umum Daerah AEK Kenapon. Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi, Dan Manajemen, 3(1), 1227–1275.
Setianingsih, A., & Susan, A. S. (2021). Pengaruh Kiualitas Pelayanan Kesehatan Terhadap Ketidakpuasan Pasien Di Rumah Sakit “S’’.” Jurnal Menara Medika, 4(1), 22–27. https://doi.org/10.31869/mm.v4i1.2741
Sugondo, F. R., Faustina, P., & Bernarto, I. (2021). Pengaruh Efisiensi Waktu Tunggu, Biaya Pelayanan, Kebersihan, serta Kenyamanan Ruangan terhadap Kepuasan Pasien (Studi Pada Pelayanan Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Medika Lestari). Jurnal Manajemen Kesehatan Indonesia, 9(3), 205–214. https://doi.org/10.14710/jmki.9.3.2021.205-214
Surasdiman, Gunawan, & Kadir, I. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas dan Pengetahuan Terhadap Kepuasan Pasien di Puskesmas Batu-Batu Kabupaten Soppeng. Journal of Management, 2(1), 1–16. https://journal.stieamkop.ac.id/index.php/yume/article/view/360
Syarifuddin, D., & Priyanto, R. (2020). Membangun Fasilitas, Membangun Minat Kunjungan Ulang. Jurnal Sain Manajemen, 2(2), 50–62.
Yassir, A., Purwadhi, & Andriani, R. (2023). Hubungan Mutu Pelayana Terhadap Minat Kunjungan Ulang Pasien Di Klinik Citra Medika Kota Semarang. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi, 8(1), 1–12. https://doi.org/10.21067/jrpe.v8i1.8239
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Indonesian Journal of Health Research Innovation

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mempublikasikan di jurnal kami menyetujui ketentuan berikut:
Penulis memegang hak cipta dan memberikan Jurnal Kami hak publikasi pertama dengan karya tersebut secara bersamaan dilisensikan di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International yang memungkinkan orang lain untuk membuat perubahan, mengadaptasi, dan mengembangkan karya tersebut dengan pengakuan atas karya penulis dan publikasi awal di Jurnal. Penulis diizinkan untuk menyalin dan mendistribusikan kembali versi karya yang diterbitkan jurnal (misalnya, mempostingnya ke repositori institusi atau menerbitkannya dalam buku), dengan pengakuan publikasi di jurnal kami.



